Jurnal Penulisan Ilmiah

Nurdin.

PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PT. INDOSAT.TBK TRIWULAN 1,2,3 PADA PERIODE 2007-2009


Penulisan Ilmiah Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma, 2010


ABSTRAK

Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui rasio profitabilitas (Net Profit Margin, Return On Investment, Return On Equity) dan Earning Per Share pada PT. Indosat. Tbk Triwulan 1,2,3 periode 2007-2009, serta untuk mengetahui pengaruhnya terhadap harga saham PT Indosat.

Metode penulisan yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan, yaitu membaca dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan penulisan. Selain itu penulis juga melakukan penelitian lapangan, untuk mendapatkan data yang diperlukan. Adapun data tersebut diperoleh dari Pusat Referensi Pasar Modal (PRPM) BEI.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah koefisien korelasi untuk rasio probalitas memiliki hubungan yang kuat dan searah yang signifikan antara NPM,ROI,ROE, dan EPS terhadap harga saham. Berdasrkan nilai regresi linier berganda atau nilai ( r ) dan determinasi ( r2 ) menunjukan bahwa NPM,ROI,ROE, dan EPS memiliki hubungan yang kuat dan searah yang signifikan antara NPM,ROI,ROE, dan EPS terhadap harga saham. Untuk pengujian hipotesa uji f yang telah dilakukan menunjukan bahwa Ho diterima berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara NPM,ROI, ROE, dan EPS terhadap harga saham. untuk pengujian t yang telah dilakukan menunjukan bahwa Ho diterima yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara NPM,ROI,ROE, dan EPS.Terhadap harga saham PT Indosat tbk triwulan 1,2,3 pada periode 2007-2010. Hal ini bukan disebabkan oleh perusahaan yang kurang baik, tetapi karena dipengaruhi oleh variabel-variabel lain dapat berupa faktor ekternal perusahaan seperti faktor teknis, faktor sosial, ekonomi dan politik. Seperti perkembangan kurs, kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah, kondisi perekonomian nasional kondisi politik suatu Negara dan lain sebagainya.

Daftar Pustaka (2001-2009)


Kata Kunci : pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham, PT. Indosat Tbk




PENDAHULUAN

Dalam era globalisasi sekarang ini menyebabkan persaingan dalam dunia usaha menjadi bertambah ketat. Perusahaan yang tidak mampu bersaing maka tidak akan bertahan dan akan tersingkir dari dunia usaha yang dijalankannya. Hal ini berkaitan dengan salah satu tujuan yang penting dan harus diusahakan oleh semua jenis usaha yaitu mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan dalam jangka waktu yang lama (going concern), selain tujuan perusahaan pada umumnya yaitu memperoleh laba. Dengan persaingan yang ketat maka perusahaan memerlukan dana yang cukup banyak, sedangkan pembiayaan yang ada selama ni sulit didapat. Kondisi ini mengakibatkan perusahaan mencari sumber pembiayaan yang lain yaitu mengeluarkan sebagian sahamnya.

Untuk mendapatkan modal melalui penjualan saham, maka perusahaan tersebut harus mencatatkan efeknya melalui proses go public. Perusahaan yang telah go public adalah milik masyarakat umum yang telah menanamkan modalnya, maka perusahaan wajib menginformasikan hasil-hasil yang telah dicapai yang disajikan dalam bentuk laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan merupakan informasi yang penting bagi calon investor karena dari laporan keuangan inilah dapat diketahui kinerja dari suatu perusahaan. Dalam menanamkan modalnya, investor akan mempertimbangkan dengan sebaik-baiknya ke perusahaan mana modal akan ditanamkan. Perusahaan yang dipilih tentu saja perusahaan yang sehat dan menghasilkan kinerja yang baik, karena itulah analisis atas kinerja suatu perusahaan perlu dilakukan.

Kinerja yang dicapai oleh suatu perusahaan akan berpengaruh terhadap harga saham, karena perusahaan yang kinerjanya baik akan menarik banyak investor untuk membeli saham yang diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan.


Rangkuman Hasil Penilitian dan Analisis


Ditinjau hubungan masing-masing variabel bebas yaitu NPM ( X1 ), ROI ( X2 ), ROE ( X3 ), dan EPS ( X3 ) Dengan harga saham ( Y ) PT Indosat Tbk triwulan 1,2,3 pada periode 2007-2009 melalui perhitungan yang telah dilakukan secara keseluruhan. Berdasarkan Rumus Linier berganda = Y = a+b1 (X1 ), b2 ( X2 ), b3 ( X3 ), dan b4 ( X4 ). Maka perhitungan yang telah dilakukan, dapat diketahui nilai Regresi Berganda = ( 4092,547 ) NPM sebesar b1(183,445 ); ROI sebesar b2 ( 1665.441 ); ROE sebesar b3 ( 501,172 ); dan b4 sebesar ( -34.544 ). dan koefisien korelasi dan koefisien korealsi atau ( r ) antara NPM ( X1 ), ROI ( X2 ), ROE ( X3), dan EPS ( X4 ) sebesar ( 0,916 ). Artinya hubungan antara ( X1 ), ROI ( X2 ), ROE ( X3), dan EPS ( X4 ). Dengan harga saham ( Y ) adalah positif sangat kuat dan searah. Hubungan positif ( + ) berarti hubungan harga saham ( Y ). karena hubungan kuat dan searah, maka perubahan harga saham tersebut sebesar yang terjadi pada NPM ( X1 ), ROI ( X2 ), ROE ( X3), dan EPS ( X4 ).

Dan dilihat dari NPM ( X1 ), ROI ( X2 ), ROE ( X3), dan EPS ( X4 ). dengan harga saham ( Y ) r2 yang diperoleh sebesar 83,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak teliti dalam penulisan ilmiah ini. Variabel lain ini dapat berupa faktor ekternal perusahaan, ekonomi, politik, seperti perkembangan kurs kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah, kondisi perekonomian nasional dan kondisi politik suatu Negara dan lain sebagainya.

Pada triwulan 1,2,3 periode 2007-2009 untuk pengujian hipotetis didapat nilai f hitung NPM, ROI, ROE, dan ROE sebesar ( 5,220 ) yang berada didareh penerimaan Ho, sehingga Ho diterima berarti tidak berpengaruh terhadap harga saham pada PT Indosat triwulan 1,2,3 pada periode 2007-2009. Sedangan untuk pengujian hipotetis didapat nilai t hitung untuk NPM sebesar ( 2,497 ), ROI sebesar (2,297 ), ROE sebesar ( 1,456 ), dan EPS ( -2,665 ). Yang berada didalam daerah penerimaan Ho, sehingga Ho diterima berarti tidak berpengaruh. Antara Terhadap harga saham pada PT Indosat tbk triwulan 1,2,3 pada Tahun 2007-2009.


KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan data yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat di simpulkan sebagai berikut :

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah berdasarkan nilai koefisien korelasi untuk Rasio Profitabilitas memiliki hubungan yang kuat dan searah antara ROI Terhadap ROE, ROI terhadap EPS, dan ROE terhadap EPS. Yang memiliki hubungan yang sedang dan searah antara Harga saham terhadap ROI, NPM terhadap ROI.Yang memiliki hubungan yang rendah dan searah antara Harga saham terhadap ROE, Harga Saham terhadap EPS. Untuk PT Indosat Tbk. Berdasarkan nilai regresi linier berganda atau nilai ( r ) dan determinasi ( r2 ) yang dihasilkan menunjukkan bahwa NPM,ROI,ROE dan EPS memiliki hubungan yang kuat dan searah terhadap harga saham yang signifikan. Untuk Pengujian hipotetis Uji f telah dilakukan menunjukan bahwa Ho diterima berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara NPM,ROI,ROE, dan EPS terhadap harga saham. Sedangkan untuk Uji t yang telah dilakukan menunjukkan bahwa H0 diterima yang berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara NPM,ROI,ROE, dan EPS terhadap harga saham pada PT Indosat Tbk. Triwulan 1,2,3 Pada periode 2007-2010. Hal ini bukan disebabkan oleh perusahaan yang kurang baik, tetapi karena dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang dapat berupa faktor-faktor eksternal perusahaan seperti faktor teknis, faktor sosial, ekonomi dan politik. Seperti perkembangan kurs, kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah, kondisi perekonomian nasional dan kondisi politik suatu negara dan lain sebagainya.

SARAN

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis mencoba memberikan saran sebatas pengetahuan penulis, sebagai berikut :

Berdasarkan penelitian pada koefisien korelasi, Regresi linier berganda atau nilai ( r ) dan determinasi ( r2 ) memiliki hubungan yang sangat kuat terhadap harga saham yang signifikan. Untuk pengujian hipotesa antara uji f dan uji t yang telah dilakukan perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap harga saham yang signifikan antara kinerja keuangan perusahaan. Akan tetapi perusahaan diharapkan memberikan kinerja keuangan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, terutama untuk mengantisipasi kerugian dari selisih melalui hedging ataupun antisipasi lainnya, sehingga walaupun untuk periode triwulan 1,2,3 pada periode 2007-2009 bahwa pertimbangan investor dalam membeli saham tidak hanya berdasarkan faktor kinerja keuangan saja tetapi juga mempertimbangkan factor eksternal, seperti nilai tukar kurs, tingkat suku bunga bank yang selalu berfluktuasi setiap waktu dan kondisi ekonomi maupun situasi politik serta kebijakan pemerintah dalam industri dan dunia usaha.

Bagi para investor, untuk menanamkan dana mereka dalam bentuk saham hendaknya memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi harga saham sebagai bahan pertimbangan bagi keputusan investasinya.

DAFTAR PUSTAKA

Darmadji, Tjiptono, Hendy M. Fakhruddin. Pasar Modal di Indonesia Pendekatan Tanya Jawab.Jakarta : Penerbit Salemba Empat, 2001.

Ikatan Akuntan Indonesia. Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat, 2002.

Rudianto. Informasi untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2006.

Sugiyono. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Penerbit Alfabeta, 2009.

Sutojo, Siswanto. Mengenali Arti dan Penggunaan Neraca Perusahaan. Jakarta : PT Damar Mulia Pustaka, 2000.

S. Munawir. Analisis Laporan Keuangan, Edisi 4. Yogyakarta : Liberty, 2004.

Wibowo, Abu Baker Arif. Akuntansi Keuangan Dasar 1. Jakarta : Penerbit PT Grasindo, 2002.


www.idx.com

www.PT Indosat .com


edit post

Comments

0 Response to 'Jurnal PI'

Posting Komentar